Kamis, 27 Oktober 2016

Ruang Makan dan Dapur Lebih Baik Terpisah atau Menyatu?

Ruang makan dan dapur adalah dua ruangan yang memiliki keterikatan sangat kuat di dalam rumah. Nah dalam penempatannya seringkali menimbulkan sedikit kebingungan, terutama bagi yang baru pertama kali membangun rumah. Hal ini tentu saja kembali lagi pada keinginan si pemilik rumah dengan kondisi lahan yang dimilikinya, namun sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal yang bisa bermanfaat secara fungsionalitas dan layout ruangan keseluruhan.

Dapur sendiri bagi sebagian orang terutama para istri merupakan tempat favorit untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan, yakni memasak dan menyajikan makanan untuk orang-orang kesayangan. Bahkan pada waktu-waktu tertentu kegiatan tersebut juga sering melibatkan seluruh anggota keluarga yang dapat menimbulkan suasana kekeluargaan yang semakin kuat.

Ruang Makan dan Dapur Lebih Baik Terpisah atau Menyatu - Dapur dan Ruang Makan Menyatu dalam tema warna putih cerah

Nah, beberapa hal yang akan kami sampaikan di bawah ini mungkin bisa dijadikan alasan untuk menempatkan ruang makan dan dapur didesain secara berdekatan atau menyatu dalam sebuah ruangan. 

1. Menghemat lahan

Jika anda memiliki lahan yang terbatas, maka menjadikan dapur dan ruang makan dalam satu ruangan otomatis akan menghemat lahan, karena menggabungkan dua buah ruangan ke dalam satu fungsi. Meskipun ruangan tersebut menjadi lebih luas tapi dari segi layout itu akan memberikan lahan tambahan yang bisa dimanfaatkan untuk ruangan lain, misalnya dengan memperbesar ruang keluarga. Atau bisa juga dijadikan sebgai ruang kerja, mushola, taman dalam rumah dan sebagainya. Dengan begitu ukuran dan ruangan di rumah anda menjadi lebih optimal dan fungsional.

2. Sebagai tempat mencari ide

Semua anggota keluarga terkadang mengalami kejenuhan dengan aktivitasnya masing-masing, nah dengan adanya ruang makan yang menyatu dengan dapur mereka bisa menggunakannya untuk melakukan aktivitas bersama yang menyenangkan untuk membuat makanan kesukaan, menyajikan dan menyantapnya dengan penuh canda tawa dan keceriaan. Dengan begitu mereka juga bisa mendapatkan ide-ide segar yang dapat menambah kembali semangat untuk melakukan aktivitasnya masing-masing. 

3. Menghemat energi yang dapat meningkatkan efektivitas dan kinerja

Ruang makan dan dapur yang menyatu otomatis tidak memerlukan energi tambahan untuk menghidangkan makanan dibanding jika kedua ruangan tersebut dibuat terpisah dalam jarak yang cukup jauh. Apalagi jika Anda sedang dalam keadaan terburu-buru maka hal ini akan sangat membantu anda dalam menghemat energi dan tenaga. Belum lagi proses membereskan ruang makan setelah seselesai menyantap makanan, tentu akan merepotkan jika harus bolak-balik beberapa kali. Dengan demikian waktu Anda pun bisa dikelola secara efektif untuk mengerjakan hal-hal lain yang lebih bermanfaat. 

Untuk mendapatkan gambaran yang lebih konkrit, selanjutnya kami juga akan memberikan beberapa gambar layout dapur dan ruang makan yang dibuat menyatu, berikut ini beberapa gambarnya :

Ruang Makan dan Dapur Lebih Baik Terpisah atau Menyatu - Dapur Kecil dengan Meja makan mini

Ruang Makan dan Dapur Lebih Baik Terpisah atau Menyatu - Konsep Dapur dan Ruang Makan pada Rumah dan apartemen Minimalis Modern

Ruang Makan dan Dapur Lebih Baik Terpisah atau Menyatu Dengan Gaya Tradisional Klasik

Ruang Makan dan Dapur Lebih Baik Terpisah atau Menyatu Pada Rumah Minimalis Sederhana

Ruang Makan dan Dapur Lebih Baik Terpisah atau Menyatu Untuk Rumah Besar

Itulah beberapa hal yang bisa dijadikan alasan mengapa ruang makan dan dapur lebih baik dibuat menyatu dalam satu ruangan. Namun sekali lagi kami katakan bahwa keputusan akhir tetap berada di tangan Anda dalam menempatkan apakah ruang makan di rumah Anda akan dibuat menyatu atau terpisah, terima kasih semoga bermanfaat ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar